TUBERKULOSIS

TUBERCULOSIS

Apa itu Tuberkulosis?

Tuberculosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang organ, terutama paru-paru.

Gejala

gejala utama tuberkulosis paru adalah
  1. batuk berdahak lebih dari 2minggu
  2. batuk bercampur darah
  3. sesak nafas, badan lemas
  4. nafsu makan menurun
  5. berat badan menurun
  6. berkeringat dimalam hari tanpa aktifitas fisik
pemeriksaan pendukung tb paru
  • Terdapat infiltran paru saat pemeriksaan radiologi (rongent)



Epidemiologi (angka kejadian)
280 per 100.000 di Indonesia. Saat ini Indonesia masih menduduki urutan ke3 di dunia untuk jumlah kasus TB setelah India dan China.


Bagaimana Cara Penularan TB.
  • TB dapat ditularkan melalui dahak/percikan ketika seseorang batuk, dan bersin pada seseorang yang memiliki bakteri Tb didalam tubuhnya.
  • kemudian Infeksi akan terjadi apabila orang lain menghirup udara yang mengandung percik renik dahak yang infeksius tersebut.
  • Pada waktu batuk atau bersin, pasien menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak (droplet nuclei / percik renik). Sekali batuk dapat menghasilkan sekitar 3000 percikan dahak.

mengapa saya bisa terkena tuberkulosis?
yaitu ketika bakteri tuberkulosis masuk kedalam tubuh dan ketika sistim imun sedang turun, sehingga bakteri tb nyaman untuk tinggal didalam tubuh
lalu apakah tuberkulosis dapat disembuhkan?
- Ya! tuberkulosis saat ini dapat disembuhkan
caranya yaitu dengan meminum obat dengan teratur sesuai aturan dokter, namun pengobatan tuberkulosis lumayan memerlukan waktu yang lama, paling sebentar yaitu 6 bulan. dengan meminum obat rutin 6 bulan sesuai aturan dokter biasanya TB akan sembuh.
apakah tuberkulosis bisa disembuhkan tanpa obat?
- sejauh ini pengobatannya dengan obat
apakah Tb harus selalu minum selama 6 bulan, meskipun sudah merasa baikan?
- Ya! pasien tb harus minum obat setidaknya 6 bulan, karena sifat bakteri tb yang sangat kuat dan sejauh ini baru bisa d sembuhkan selama 6 bulan untuk memusnahkan bakteri tb dalam tubuh

Adapun tujuan pengobatan pasien Tb yaitu :
a.       Menyembuhkan, mengembalikan kualitas hidup dan produktivitas pasien.
b.      Mencegah kematian akibat TB aktif atau efek lanjutan.
c.       Mencegah kekambuhan TB.
d.      Mengurangi penularan TB kepada orang lain.
e.      Mencegah terjadinya resistensi obat dan penularannya

Cara pencegahan
  • Pengandalian Lingkungan
    Adalah upaya peningkatan dan pengaturan aliran udara/ventilasi dengan menggunakan teknologi untuk mencegah penyebaran dan mengurangi/ menurunkan kadar percik renik di udara. Upaya pengendalian dilakukan dengan menyalurkan percik renik kearah tertentu (directional airflow) dan atau ditambah dengan radiasi ultraviolet sebagai germisida
    Sistem ventilasi ada 3 jenis, yaitu:
    a. Ventilasi Alamiah
    b.Ventilasi Mekanik
    c. Ventilasi campuran
  • Pengendalian Dengan Alat Pelindung Diri.Penggunaan alat pelindung diri pernapasan oleh petugas kesehatan di tempat pelayanan sangat penting untuk menurunkan risiko terpajan, sebab kadar percik renik tidak dapat dihilangkan dengan upaya administratif dan lingkungan

Komentar